Saturday, February 2, 2013

Pesanan Rasulullah s.a.w.

Pesanan Rasulullah saw yang mengajarkan kita untuk mengusir iblis dan bala tentaranya jika menyerang kita dengan rayuan-rayuan yang menyebabkan kita terjerumus ke dalam jurang kehinaan tanpa kita sadari dengan memanfaatkan titik kelemahan kita. Mari kita memperhatikan pesanan tersebut dalam bentuk dialog antara manusia dan setan:

1. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “Anakmu mati”. Katakan kepadanya: “Sesengguhnya mahluk hidup diciptakan untuk mati, dan penggalan dariku (putraku) akan masuk surga. Dan hal itu membuatku gembira”.

2. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “Hartamu musnah”. Katakan kepadanya: “Segala puji bagi Allah Zat Yang Maha Memberi dan Mengambil, dan menggugurkan atasku kewajiban zakat”.

3. Jika ia datang kepadamu dan berkata : “Orang-orang menzalimimu sedangkan kamu tidak menzalimi seorang pun”. Maka, katakan kepadanya: ”Siksaan akan menimpa orang-orang yang berbuat zalim dan tidak menimpa orang-orang yang berbuat kebajikan ( Mukhsinin)”.

4. Dan jika ia datang kepadamu dan berkata: ”Betapa banyak kebaikanmu”, dengan tujuan menjerumuskan untuk bangga diri (Ujub). Maka ia katakan kepadanya: ”Kejelekan-kejelekanku jauh lebih banyak dari pada kebaikanku”.

5. Dan jika ia datang kepadamu dan berkata:” Alangkah banyaknya shalatmu”. Maka katakan: ”Kelalaianku lebih banyak dibanding shalatku”.

6. Dan jika ia datang dan berkata: ”Betapa banyak kamu bersedekah kepada orang-orang”. Maka katakan kepadanya: ”Apa yang saya terima dari Allah jauh lebih banyak dari yang saya sedekahkan”.

7. Dan jika ia berkata kepadamu: ”Betapa banyak orang yang menzalimimu”. Maka katakan kepadanya: ”Orang-orang yang kuzalimi lebih banyak”.

8. Dan jika ia berkata kepadamu: ”Betapa banyak amalmu”. Maka katakan: ”Betapa seringnya aku bermaksiat”.

9. Dan jika ia datang kepadamu dan berkata: ”Minumlah minum-minuman keras!” Maka katakan: ”Saya tidak akan mengerjakan maksiat”.

No comments:

Post a Comment

Hak Sesama Muslim

Ada 6 Hak Sesama Muslim: Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam: 1. Jika ka...